Tuesday 11 September 2018

Pengertian Nirmana Dwimatra

Penertian Nirmana Dwimatra



assalamualaikum wr.wb

Nirmana dwimatra atau sering disebut nirmana dua dimensi biasanya di buat di atas media canfas atau kertas.nirmana adalah pengorganisasian atau penyusun elemen-elemen visual.seperti, titik,garis,warna,ruang dan tekstur.

Menjadi salah satu kesatuan yang harmonis.nirmana dapat di artikan sebagai angan-angan dalam bentuk dwimatra yang harus mempunyai nilai keindahan.nirmana disebut juga ilmu tata rupa.

adapun elemen-elemen nirmana dalam konsep desain :
1.Titik,adalah suatu bentuk kecil yan gtidak mempunyai dimensi.
2.Garis,adalah suatu hasil goresan nyata dan batas limit suatu benda,ruang,rangkaian warna dan masa.
3.Bidang,adalah suatu bentuk pipih tanpa ketebalan ,panjang, lebar dan luas.   
4.Gempal,adalah bentuk bidang yang yang mempunyai ketebalan dan kedalaman
5.Bentuk adalah titik, garis, atau bidang akan menjadi bentuk apabila terlihat. Sebuah titik betapapun kecilnya pasti mempunyai raut, ukuran, warna, dan tekstur.
6.Warna adalah kesan yang ditimbulkan oleh cahaya terhadap mata, oleh karena itu warna tidak akan terbentuk jika tidak ada cahaya. Tiap-tiap warna dihasilkan dari reaksi cahaya putih yang mengenai suatu permukaan dan permukaan tersebut memantulkan sebagian dari spektrum. Terjadinya warna-warna tersebut disebabkan oleh vibrikasi cahaya putih. Sistem yang paling sederhana untuk mengetahui hubungan warnawarna adalah pada susunan warna dalam bentuk lingkaran warna.



prinsip-pinsip dasar elemen nirmana :
1.Ruang kosong(white space)
Ruang kosong akan membuat elemen-elemen pada desain Anda bernapas sehingga konsumen atau   pembaca lebih mudah menyarap atau memahami isi, maksud dan tujuan desain Anda. Ruang kosong membantu menciptakan aliran (baca) desain dan sekaligus akan membantu untuk membentuk keseimbangan dalam desain.
2.Kejelasan(clarity)
yaitu tentang apa yang harus kita tunjukan pada desain yang kita buat,ada hal yang menonjol pada gambar desain yang kita buat.
3.kesederhanaan(simplicity)
Pencapaian kesederhanaan mendorong penikmat untuk menatap lama dan tidak merasa jenuh dalam melihat gambar atau desain nirmana dwimatra.
4.emphasis(Point of Interest) atau pusat perhatian
yang bertujuan menonjolakan salah satu unsur yang menjadi pusat perhatian.

Nirmana dwimatrta menjadi menarik karena adanya unsur-unsur di atas,jika kita buat sesuai dengan unsur-unsur yang sudah di tetapkan maka nirmana dwimatra itu akan terlihat akan lebih berkesan. trimakasih semoga bisa bermanfaat bagi teman-teman semua.

image https://www.slideshare.net/

wassalammualaikum wr.wb




No comments:

Post a Comment

Fungsi Curiculum Vitae Bagi Designer Grafis

Fungsi Curiculum Vitae Bagi Designer Grafis assalamualikum wr.wb   curiculum vitae atau sering juga di singkat dengan CV,itu sangat p...